7 Taktik Jitu Untuk Mempromosikan Bisnis UKM Anda

Cara Sukses Berbisnis | Membuat calon pelanggan menjadi pelanggan setia merupakan sebuah tantangan yang cukup berat bagi para pebisnis. Kebanyakan bisnis rumahan apalagi toko online, tak memiliki toko fisik di mana para calon tersebut dapat datang dan melihat toko, lalu membeli atau memesan barang.
Kreatifitas adalah hal yang dibutuhkan untuk menarik calon-calon pelanggan Anda. Di bawah ini ada beberapa cara yang efektif untuk mempromosikan dan kesuksesan bisnis UKM Anda.


1. Ketika mulai berpromosi
Pertama-tama Anda harus menemukan jalan untuk memperluas jaringan, misalnya dengan pemasaran mulut ke mulut. Metode pemasaran yang paling penting adalah dengan menyebarkan informasi bisnis Anda lewat berbagai asosiasi lokal, sosial media, situs, dan juga forum online.

2. Buatlah situs yang terlihat profesional
Walaupun Anda memiliki banyak profil di situs-situs jejaring sosial, tapi tetap yang paling baik adalah situs yang Anda miliki. Lewat situs inilah para pelanggan dapat melihat produk/jasa apa yang Anda tawarkan. Buatlah proses pemesanan barang di situs Anda semudah mungkin.

3. Pasang iklan di situs
Yang ramai seperti Forum Jual Beli Kaskus dan update-lah setiap hari. Ketika mulai banyak orang yang melihat iklan dan Anda menjawab setiap pertanyaan yang masuk, sebuah hubungan baru mulai terbentuk dengan orang-orang yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

4. Temukan perusahaan lain
Cobalah untuk menemukan perusahaan lain dalam bidang Anda yang mau bekerjasama. Anda dapat melakukan proyek bersama, ataupun acara-acara yang bisa membuat perusahaan Anda dan partner mendapatkan banyak perhatian dari calon pelanggan.

5. Membuat sebuah event
Seperti yang sudah disebutkan, membuat sebuah event adalah cara yang baik untuk membangun relasi dengan pelanggan, branding, dan juga menaikkan kredibilitas. Pelanggan akan melihat bisnis Anda, dan mendengarkan apa yang Anda tawarkan serta bicarakan.

6. Menarik Traffic
Jika Anda memiliki uang untuk digunakan, Anda juga dapat membayar untuk menarik traffic ke situs Anda. Cobalah Google AdWords, Facebook PPC atau layanan iklan dengan banner berbayar. Ini akan membantu Anda menarik lebih banyak lagi pelanggan untuk datang ke situs Anda, dan malah mendapatkan tambahan uang lebih banyak dari yang Anda gunakan untuk membuat iklan-iklan.

7. Email dan Newsletter
Cara lain yang populer dan juga efektif adalah dengan memasarkan bisnis Anda lewat email dan newsletter. Anda dapat mulai menyebarkan newsletter baik cetak maupun lewat email dan jelaskanlah tentang produk Anda, kelebihan-kelebihannya, serta mengapa pelanggan harus membeli produk Anda. Tipe pemasaran seperti ini akan memudahkan Anda untuk membangun relasi dan jika pelanggan Anda mendapatkan bahwa konten newsletter Anda berkualitas, mereka akan mulai percaya pada Anda.

Itulah tujuh metode pemasaran yang tak dapat Anda tolak. Jangan menunggu pelanggan yang datang kepada Anda, raihlah mereka dan tarik mereka. Gunakan taktik promosi tersebut untuk membangun basis pelanggan Anda dan raihlah keuntungan yang seharusnya Anda miliki!




 dikutip dari majalah bisnismu


Dibaca Sebanyak...