LANGKAH-LANGKAH DAN TATA CARA MERAWAT JENAZAH DALAM ISLAM

cara memandikan jenazah mayit dalam islamSetiap agama memiliki tradisi dan tata cara tersendiri untuk merawat jenazah atau mayat, begitupula dengan agama islam. Bagi anda yang sedang mencari referensi mengenai tata cara memandikan jenazah secara islami berikut kami berikan informasinya:

1.      Siapkan alat berikut:
v  Kapas
v  Spon penggosok
v  2 sarung tangan untuk yang memandikan jenazah
v  Alat  penghalus kapur barus
v  Air
v  Shampoo
v  Daun bidara
v  Masker penutup hidung untuk petugas
v  Gunting (memotonng pakaian jenazah)
v  Kapur barus
v  Minyak wangi

2.      Tutup aurat mayyit
Ketika hendak memandikan jenazah sebaiknya menutupi area tersebut dengan kain agar terhindar dari pandangan orang banyak agar terhindar dari fitnah. Gunakan papan pemandingan dengan bentuk sedikit miring kearah kaki mayit agar air dapat mengalir dari tubuh jenazah.
3.      mulailah dengan melunakkan bagian persendian jenazah, jika kuku panjang sebaiknya di potong. Namun pada bagian kelamin hendaknya tidak perlu karena hal tersebut aurat besar.
Angkat kepala jenazah secara perlahan hingga dalam kondisi duduk. Urut pada bagian perut secara perlahan guna mengeluarkan kotoran yang tersisa pada bagian perut. Siram hingga benar-benar bersih. Saat membersihkan qubul dan dubur jenazah sebaiknya petugas menggunakan sarung tangan namun sebaiknya tidak menyentuh secara langsung aurat jenazah ( mayyit berusia 7 tahun keatas)

4.      Wudhukan jenazah
petugas berniat dalam hati untuk memandikan jenazah disertai dengan bacaan basmalah. Kemudian petugas dapat mewudhukan jenazah layaknya berwudhu untuk menunaikan sholat. Tidak perlu memasukkan pada bagian hidung dan mulut. Petugas cukup membersihkan bagian dalam mulut jenazah dengan menggunakan jari yang dibungkus dengan kain. Yakni menggosok pada bagian gigi dan lubang hidung jenazah hingga bersih.
Dianjurkan untuk mencuci bagian rambut jenggot jenazah dengan menggunakan busa atau daun bidara atau busa sabun. Adapun sisa perasan daun bidara dapat dibasuhkan pada sekujur tubuh jenazah.

5.      Basuh tubuh jenazah
ketika hendak membasuh tubuh jenazah mulailah dari orga tubuh sebelah kanan hingga akhir, kemudian anda dapat membasuh bagian tubuh sebelah kiri. 

Demikianlah informasi mengenai langkah-langkkah dan tata cara merawat jenazah dalam islam. Sunnah  hukumnya untuk memandikan jenazah hingga 3 kali. Jika belum bersih anda dapat membasuhnya hingga 7 kali.
Mohon koreksinya jika ada yang salah dalam penjabaran  CARA MERAWAT JENAZAH DALAM ISLAM.

Dibaca Sebanyak...