Cara Mengetahui Kapasitas Powerbank

Salah satu cara untuk mengetahui dan memastikan kapasitas powerbank adalah dengan menghitung berapa energi yang dapat disimpan di dalamnya, dan berapa kali dapat dipakai untuk melakukan charging perangkat lain.

Disini akan saya ambil contoh sebuah powerbank dengan kapasitas 24000 mAh. dengan tegangan keluaran powerbank sebesar 5 volt. Maka hitungan energi yang dapat diberikan oleh powerbank tersebut adalah 24000 mAh x 5 volt = 120000 volt mAh = 120000 mWh = 120 Wh.

Biar lebih jelasnya mari kita coba hitung dengan contoh sebuah handphone yang batteray nya disebutkan sebagai 3,7 volt, kapasitas 1150 mAh, 4,3 Wh. Batere tersebut mampu menyimpan energi sebanyak 4,3 Wh. Tegangan masukan charger HP tersebut adalah 5V , sesuai dengan standar tegangan USB.

Kapasitas powerbank dibagi dengan kapasitas batere Handphone = 120 Wh / 4,3 Wh = 28x
Dalam kenyataannya, akan ada energi terbuang pada charger, sehingga energi yang dapat dimanfaatkan biasanya hanya 80% ~ 90% saja. Jika faktor efisiensi ini diperhatikan juga, maka perbandingannya adalah sebagai berikut:

12 Wh * 80% / 4,3 Wh = 22,3 x
Jadi dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa powerbank 24000 mAh seharusnya dapat dipakai untuk mengisi ulang HP  sebanyak 22 kali.

Catatan:
#1 Rumus daya adalah : P = V x I,
Dengan
  • P (power) satuannya adalah watt (W),
  • V adalah tegangan, satuannya adalah volt (V),
  • I adalah arus , satuannya adalah ampere (A).
mAh artinya adalah mili ampere hour, mili ampere adalah satuan arus, di mana 1 ampere = 1000 mili ampere.
#2 Rumus energi adalah E=P x t
Dengan
  • E: energi, satuannya watt hour (watt jam)
  • P: daya, satuannya adalah watt (W)
  • t: waktu, satuannya adalah jam.
Sekian semoga bermanfaat, artikel ini dikutip dari http://elektrologi.kabarkita.org

Dibaca Sebanyak...