Tips dan Cara Mengatasi Susah Tidur

Sulit tidur? Padahal tidur merupakan kebutuhan manusia yang harus terpenuhi dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Sayangnya diantara kita yang tidak sedikit yang kesulitan untuk tidur meski hanya sejenak.

Berikut beberapa tips cara mengatasi susah tidur yang bisa anda coba:

1. Olahraga Malam
"Untuk memastikan tidur yang baik, sangat penting untuk membuat tubuh terasa cukup lelah dan butuh istirahat," ungkap pakar tidur, Mohammad Hasin.

Menurut Hasin, berolahraga setidaknya empat jam sebelum waktu tidur Anda sangat disarankan. Namun meskipun demikian, Anda tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga terlalu keras pada malam hari. Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan, treadmill, bersepeda atau jalan cepat.

Ketika Anda berolahraga, Anda menggunakan energi dan ketika energi tersebut berkurang, tubuh akan 'meminta' Anda untuk istirahat alias tidur. [detikHealth]

2. Hindari konsumsi kafein 
Jika sudah tiba waktunya untuk tidur, sebisa mungkin hindari konsumsi kafein dari kopi, minuman beralkohol maupun dari rokok.

Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat tubuh Anda tetap waspada. Konsumsi kafein juga dapat meningkatkan produksi adrenalin. Jadi, usahakan untuk menghindari konsumsi kafein dalam bentuk apapun pada malam hari.

3.Dengarkan Musik
Mengapa para ibu atau ayah terbiasa menyanyikan lagu pengantar tidur pada anak-anaknya menjelang waktu tidur? Ini karena musik yang disukai memiliki hubungan sangat erat dengan tidur yang lebih nyenyak.

Pakar kesehatan, Vishal Chandra, menyebutkan bahwa musik yang indah dan sederhana menempatkan pikiran Anda dalam fase istirahat atau rileks. Oleh sebab itu, melakukan kebiasaan ini sebelum tidur membantu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak sepanjang hari.

4. Mandi dengan air hangat sebelum tidur
Agar tubuh terasa lebih rileks, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur. Lakukan hal ini setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Jika memungkinkan, tak ada salahnya langkah tersebut dilanjutkan dengan minum segelas susu rendah lemak hangat atau air putih hangat.

Yang paling penting, biarkan kamar tidur dalam kondisi gelap dan tenang. Jauhkan gadget atau ponsel dari jangkauan Anda. Jika cara-cara ini sudah Anda lakukan namun masih sulit tidur, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Demikian sedikit tips dan cara mengatasi susah tidur yang dikutip dari detikHealth, semoga bermanfaat.!

Dibaca Sebanyak...