Cara Memasak Dendeng Balado Padang Nikmat dan Renyah


Resep dendeng Balado NikmatResep Dendeng Balado dan cara mudah membuatnya. Sebagaimana kita ketahui  resep masakan daging yang ada di tengah masyarakat kita sangatlah banyak. Diantanya  beberapa resep yang cukup terkenal, seperti resep rendang daging, soto daging, semur daging dan yang lainnya. Pada artikel ini, saya akan berikan ke teman-teman cara membuat resep spesial yang cukup terkenal dinegeri ini, yaitu Resep Dendeng Balado Padang. Bagi teman-teman yang pernah berkunjung ke daerah Padang tentu tahu dong bahwa makanan ini terdiri dari 2 macam jenis dendeng sapi balado, yaitu daging dendeng balado basah dan dendeng balado kering yang biasanya dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung di daerah Padang. Akan tetapi apakah kalian sudah tahu bagaimana cara membuat dendeng balado yang renyah dan enak?

Sebenarnya masakan yang satu ini bukan cuma terkenal di daerah Padang saja, namun sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok Indonesia. Tidak hanya di ibukota Sumatera Barat itu saja kita bisa menemukan penjual dendeng balado yang renyah dan enak. Teman-teman yang termasuk salah satu penggemar dendeng sapi balado bisa jadi agak kesulitan untuk mengobati rindu dengan masakan daging sapi tersebut. kalian berencana untuk membuka usaha kulier atau hanya sekedar menambah variasi menu masakan yang ada,maka  sebaiknya mencoba untuk membuat Resep Dendeng Balado sendiri di rumah, meski membeli lebih praktis daripada membuat sendiri, tetapi kalau kita mengetahui cara membuat dendeng sendiri pasti hasilnya lebih enak, renyah dan memuaskan daripada membelinya. Selain itu, kita benar benar bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakan benar-benar berkualitas dan hasilnya pun pasti lebih nikmat banget. Baiklah untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep dan bumbu yang digunakan di bawah ini:
     Bahan:
·      Beli daging dengan potongan dendeng ¼- ½  kg, atau dipotong sendiri sesuai selera.
·      Cabe ½ - 1 ons
·      Bawang putih 1 siung
·      Bawang merah 3-5 siung
·      Jahe 1-1 ½  cm ukuran besar
·      Asam sedikit/secukupnya
·      Garam secukupnya

    Cara membuat dendeng :
·     Giling halus jahe dan bawang putih.
·     Lumurkan pada daging yang telah dicuci dan beri sedikit air, garam dan asam.
·  Rebus (ungkap) daging sampai airnya kering dengan api sedang, sambil sesekali dibalik.
·    Sesudah kering, angkatlah daging satu persatu lalu dipipihkan (ditokok2 dengan batu lado secara perlahan dan merata) lalu siap digoreng.
·      Goreng dendeng dengan api sedang sampai kering / berwarna kecoklatan.

   Cara membuat cabe :
·  Giling cabe bersamaan dengan bawang merah dan garam, ukuran kasar/halusnya sesuai selera. (biji cabe boleh dibuang sedikit)
·     Terakhir boleh ditambahkan tomat atau asam secukupnya.
·  Goreng dari minyak bekas menggoreng dendeng dengan api sedang/kecil, goreng hingga aromanya enak dicium (tidak nyengat).
·   Setelah cabe agak dingin baru campurkan pada dendeng, atau cukup ditabur diatas dendeng.

·     Dan dendeng balado siap dihidangkan dan dinikmati.
Itulah beberpa ulasan dan tips cara memasak dendeng balado nikmat, semoga bermanfaat.

Dibaca Sebanyak...