Sekilas Tentang Cooling Tower Pendingin Prosesor

Sekilas Tentang Cooling Tower Pendingin ProsesorTuntutan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini membutuhkan komputer yang mampu bekerja dengan optimal dalam berbagai kondisi. Kinerja sebuah komputer sangat ditentukan oleh sistem microchip yang tertanam pada mainboardnya, microchip itu disebut dengan microprocessor. Kinerja dari sebuah microprocessor sangat dipengaruhi oleh temperatur yang dihasilkan selama komponen tersebut beroperasi, semakin banyak data yang diolah di dalamnya, maka semakin tinggi pula temperatur yang dihasilkan. Temperatur yang terlalu berlebihan akan menimbulkan masalah pada microprocessor itu sendiri, mulai dari kerusakan pada bagian alat tersebut, maupun terjadinya gejala error pada sebuah sistem komputer yang kelebihan temperatur ( overheat ). 

Para produsen microprocessor pun telah memberikan berbagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari mengaplikasikan heatsink sampai memberikan tambahan fan/kipas pada processor produksi mereka, hal tersebut memang dapat mengurangi temperatur yang berlebih pada proses kerja sebuah processor. tetapi pada sebuah komputer yang bekerja dengan proses yang lebih banyak dan lebih berat misalnya proses overclocking, gaming dan komputer server, hal tersebut tak akan mampu membuang temperatur yang kita inginkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka sekarang telah banyak diaplikasikan sebuah sistem pendingin yang memanfaatkan aliran fluida sebagai pembuang panasnya, sistem ini disebut dengan Cooling Tower mini. Cooling Tower mini ini bekerja dengan menyerap panas dari microprocessor lalu mengalirkannya melalui selang dan membuang panas tersebut ke udara dengan cara menguapkannya.

Karena sistem pendingin ini sangat menjanjikan untuk diaplikasikan sebagai alat pembuang panas pada komputer dimasa depan, maka penulis ingin membuat sebuah Cooling Tower mini pada komputer untuk dapat diuji dan mendapatkan karakteristiknya.



Dibaca Sebanyak...