Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Menghemat BBM Pada Kendaraan Mobil dan Sepeda Motor

Menurut informasi yang ada bahwa harga minyak dunia menurun namun tidak diikuti degan harga BBM di Indonesia yang tidak kunjung menurun pada setiap jenis bahan bakarnya, dengan demikian harus tetap menekankan bagi semua masyarakat kita agar menggunakan BBM dengan bijak dan lebih hemat lagi. Sebagaimana kita rasakan bahwa Bahan Bakar Minyak ini merupakan bahan bakar yang akan habis jika digunakan terus-menerus. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan kendaraan secara rutin agar performa dan pembakaran bahan bakar kendaraan kita tetap stabil sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Namun tidak hanya itu saja, selain kendaraan yang sudah terawat tapi jika digunakan tanpa menggunakan teknik berkendara yang baik bisa tidak mungkin akan terjadi konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Maka dari itu dibutuhkan suatu teknik mengendarai yang tepat dan baik supaya konsumsi bahan bakar dapat ditekan semaksimal mungkin. Berikut sekilas tips dan cara menghemat bbm padakendaraan mobil dan sepeda motor.
Yang Pertama: Untuk Menghemat BBM biasakanlah agar tidak menginjak atau menarik gas asal-asalan. Seharusnya injak atau tarik gas dengan lembut dan stabil atau bisa diikuti dengan kenaikan RPM yang pelan-pelan. Usahakan dalam perpindahan dari posisi diam kekecepatan yang diinginkan menggunakan posisi gear yang tepat dan baik. Untuk mobil gantilah posisi gear pada putaran mesin 2.000 hingga 2.500 RPM. Sedangkan untuk motor dapat shift up dikitiran mesin 6.000 hingga 7.000 RPM.
PROMO SOFTWARE AKUNTANSIYang Kedua: Aturlah kecepatan kendaraan agar tetap stabil pada kondisi jalanan yang dilewati. Contohnya dijalanan perkotaan atur kecepatan pada angka 40-60 km/jam. Sedangkan untuk jalanan antar kota ataupun bebas hambatan bisa melaju maksimal 80 km/jam. Jika ingin melakukan deselerasi turunkan gear pada putaran mesin yang rendah karena jika terlalu tinggi akan merusak komponen mesin bahkan akan membuat boros bahan bakar.
Yang Ketiga: Tetaplah berhati-hati dalam mengemudi atau bermanuver dijalanan cukup padat. Karena perubahan kecepatan yang tiba-tiba juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang ada. Juga selalu berhati-hati dan waspada jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya pengereman mendadak baik disebabkan karena kendaraan lain didepan anda atau karen penyebrang yang tiba-tiba muncul.
Dan yang terakhir adalah gunakanlah rem dengan baik dan benar, usahakan jangan selalu menekan rem terlalu sering. Kecuali untuk keperluan mendadak seperti mengantisipasi hal-hal yang tiba-tiba muncul didepan kendaraan anda. Semoga tips dan cara menghemat bahan bakar ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sumber: semisena.com