Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu dan Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Setiap orang tentu mengharapkan kondisi matanya tetap dalamkondisi sehat hingga kapanpun. Mata terbukti hidayah paling besar yang diberikan Tuhan terhadap manusia sebab peranannya benar-benar besar.

Tak bisa dibayangkan jikalau manusia  tanpa memiliki mata, bagaimana ia bisa menulis, memandangi indahnya pegunungan, atau hanya sekadar untuk membedakan warna-warni.

Tips Menjaga Kesehatan MataMaka benar-benar bakal tersiksa pastinya kalau mata manusia tak sehat alias mengalami gangguan pada penglihatan mata. Mata adalah modal berharga bagi setiap orang. Supaya mata Anda tetap bermanfaat dan berfungsi sebagaimana mestinya, Anda harus menjaga selalu serta mengecekkan kesehatan terhadap dokter spesialis mata dengan teratur.

Tak bisa dipungkiri bahwa ada tak sedikit kebiasaan alias pekerjaan sehari-hari yang bisa mempengaruhi fungsi mata semacam melihat televisi terlalu dekat, bermain game berlebihan alias terlalu lama memandangi sinar matahari.

Berikut adalah berbagai faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Perhatikan Jarak pada saat Melihat Televisi alias Membaca
Jarak yang bisa dikatakan aman untuk melihat televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14 inchi serta 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berkapasitas kecil saja supaya tak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda.

Terlebih jikalau televisi tersebut juga dipakai oleh Anda serta juga anak Anda untuk bermain game yang pada umumnya memakan waktu berjam-jam lamanya. Demikian juga dengan kebiasaan membaca agar supaya tak berjarak terlalu dekat.
Membaca dengan jarak yang dekat bisa menyebabkan mata tegang serta mudah lelah. Jangan lupa pula untuk memakainya penerangan yang lumayan serta tak membaca sambil tiduran alias malas-malasan.

Lamanya Duduk di Depan Komputer alias Televisi
Usahakan untuk tak menatap layar komputer alias televisi dalam jangka waktu lama sekaligus. Anda bisa mengatur supaya setiap 1-2 jam sekali, Anda menjauh dari televisi alias komputer untuk mengistirahatkan sejenak mata Anda. Cobalah berganti aktifitas sejenak 5-10 menit supaya pandangan tak hanya fokus pada satu tempat.

Menghindari Debu serta Memakai Kacamata
Debu benar-benar berperan dalam merusak mata Anda. Pada saat bepergian ke luar ruangan, di jalan raya umpama, sebaiknya memakainya masker alias pelindung mata supaya debu-debu yang bakal masuk ke mata bisa diminimalisir.  Hindari debu yang masuk ke mata sebab bisa membikin mata jadi infeksi serta membikin resiko mata menjadi katarak.

Memakainya kacamata bisa menghindarkan mata Anda dari sorotan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab pengerasan lensa, katarak, serta terjadinya penurunan pengamatan dampak adanya gangguan di pusat retina. Dengan memakainya kacamata, sinar UV bisa disaring hingga 100% pada saat Anda berada di luar ruangan.

Giat Olahraga serta Pemeriksaan Mata Dengan cara Selalu
KURSUS BAHAS INGGRIS MURAHMenurut hasil studi, olahraga bisa berguna untuk menurunkan ketegangan di mata jadi mengurangi resiko glaukoma. Ada tak sedikit ragam olahraga yang bisa Anda perbuat mulai dari jogging, treadmill, ke gym serta lainnya yang bisa diperbuat dengan cara konsisten.

Lakukan pemeriksaan mata dengan cara teratur ke dokter spesialis untuk menghindari resiko terkena penyakit kesehatan pada mata dan kerusakan mata bisa terdeteksi lebih dulu sehingga bisa segera diatasi/diobati.

Konsumsi Makanan Penyehat Mata
Ada tak sedikit tipe makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata Anda mulai dari wortel yang mengandung tak sedikit vitamin A, alpukat, brokoli yang tergolong sayuran hijau, telur, bayam, kol, tomat, bawang putih, serta juga ikan salmon.


Dengan tak sedikit mengonsumsi makanan untuk menyehatkan mata tersebut maka kemungkinan Anda terkena problem penyakit mata semacam katarak, glaukoma, serta lainnya bisa ditidak lebihi.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga kesehatan mata.