Tips Mudah Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Cara Simpel Merawat Laptop | Di zaman yang serba modern dan canggih ini, manusia sudah mulai dimanjakan dengan hadirnya berbagai macam produk modern yang siap untuk membantu manusia menjalankan aktifitasnya masing-masing, diantaranya dengan hadirnya laptop atau komputer. 

Apa itu laptop? yah.. sebuah perangkat komputer yang didesain lebih simpel dari pada komputer desktop (PC), dari fungsinya tidaklah jauh dengan komputer PC karena dari segi operating sistem dan aplikasi yang terinstal bisa jadi sama, memang ada beberapa jenis OS dan aplikasi namun itu semua tergantung si empu laptopnya maunya diisi apa untuk laptop tersebut. 

Apa keuntungan kita menggunakan laptop?diantaranya: kita dengan mudah dapat membawanya kemana saja, cukup dimasukkan tas dan kita tenteng kemana aja tidak akan menyulitkan. Dari keuntungan itu tadi para pengguna komputer desktop mulai beralih hati untuk meminang laptop, secara perlahan mereka menetapkan pilihannya ke laptop sebagai peralatan komputer yang akan membantunya dalam menyeselesaikan tugas kerja,sekolah maupun kuliah.
dari fenomena itulah pengguna laptop tercatat semakin membeludak, naik drastis meninggalkan jauh dibelakang sikomputer desktop. Laptop sendiri meski dikategorikan jenis komputer yang mudah digunakan namun perawatannya lumayan gampang-gampang susah, dari sisi peralatan atau sparepartnya tidak sama dengan komputer desktop, oleh karenanya dibutuhkan pengetahuan khususdalam perawatannya diantaranya dalam penanganan eror sistem, pergantian spare part dan lain-lain. oleh karena itu, disini saya mencoba memberikan beberapa tips untuk merawat laptop agara awet dan tidak mudah rusak, diantaranya sebagai berikut:

1. Jauhkan laptop dari debu
pupuk organik hayati termurahHal ini sepertinya remeh, namun sangat fatal akibatnya, berusahalah untuk selalu membersihkan laptop dari debu yang menempel dikeyboard atau dibawahnya, karena jika kotoran itu masuk kedalam laptop akan menghambat fentilasi udara pada casing laptop, dan jika menempel dalm mainboard lama kelamaan akan menyebabkan berkarat dan mainboard akan cepat panas.

2. Hindari pemakaian yang terlalu lama
Ketika kita sudah terlalu asyik menggunakan laptop sudah tak terasa melebihi dari 2 jam, tentunya kondisi laptop akan panas, maka solusinya gunakan fan/cooling untuk laptop supaya kondisi mainboard tetap dingin, saran saya meski sudah menggunakan cooling laptop tetaplah untuk tidak menggunakan laptop lebih dari 3 jam, 2 jam saja itu sudah sangat membantu dalam perawatan laptop.

3. Hindari Benturan
Sepertinya hal inisering terjadi namun kita tidak terasa melakukannya, suatu contoh, kita dalam perjalanan laptop kita masukkan keadalam tas, namun dalam tas tersebut ada benda lain yang lebih berat atau lebih besar seperti, kamus yang tebal, peralatan tukang dll, maka kita tas itu kena goncangan tidak teras akan terjadi benturan diantara benda-benda tersebut, atau ketika kita letakkan dalam bagasi mobil atau pesawat posisi laptop dibawah benda-benda tersebut, maka secara tidak langsung laptop tersebut mendapat tekanan, hal ini dapat menyebabkan LCD / layar monitor mudah rusak.

4. Hindari pemakaian dalam kondisi batteray di charge.
Saya yakin hal ini sering terjadi dan mayoritas pengguna leptop pernah melakukannya, mungkin karena terpaksa ketika kerjaan belum kelar dan bateray laptop sudah habis, mau tidak mau laptoppun dipaksa untuk bekerja dalam kondisi bateray di charge. Saran saya belilah lagi batteray sebagai cadangan agar bisa membackup ketika bateray lainnya drop.
5.  Jauhi menggunakan Laptop dalam situasi di atas Kasur

Inilah kebisaan yang tanpa disadari bisa berakibat laptop cepat rusak, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak mengunakannya  diatas kasur, Mengapa? Lantaran kasur atau bahan lembut serta empuk mempunyai sifat menyerap panas. Perlu dikatahui bahwa Ketika laptop sedang menyala, laptop selalu mengeluarkan udara panas, hingga panas itu bakal diserap oleh kasur yang diatasnya bukannya keluar/dibuang, mengakibatkan kondisi laptop panas, maka hal semacam ini tentu bisa membahayakan laptop Anda.



6. Hindari benda cair berdekatan dengan laptop
Keadaan seperti ini sering terjadi ketika menggunakan laptop sambil minum kopi atau teh, sesuatu hal yang tidak terduga mungkin bisa terjadi, secara tidak sengaja ketika Anda ingin berdiri atau bergeser tempat minuman Anda tersenggol dan tumpah diatas laptop, jika seperti ini bisa berakibat fatal. Kerusakan parah bisa terjadi dimainboard laptop, maka siap-siap aja merogoh kocek banyak jika laptop anda divonis mainboardnya rusak.

7. Hindarkan laptop dari magnet
Mengapa, ini bisa berpengaruh pada layar monitor laptop anda, lebih jelasnya silahkan gugling tentang pengaruh magnet terhadap barang elektronik. :)

Oke, guys.. sepertinya itu aja beberapa tips dari saya tentang cara mudah merawat laptop agar tetap baik fisik dan performanya. Jika kurang jelas silahkan tinggalkan komentar, indahnya berbagi sesama kita meski tidaklah banyak, so.. mari kita share artikel ini untuk menambah pengetahuan tetang perawatan laptop. Makasih.......  

Dibaca Sebanyak...