4 Syarat Kolam Ikan Koi Agar Terlihat Indah

Tips merawat Kolam Ikan Koi Agar Terlihat Indah
google image
Syarat Kolam Ikan Koi Agar Terlihat Indah – Jika anda memiliki taman rumah yang kecil ataupun luas dengan dilengkapi bebatuan dan tanaman hias, maka akan sangat disayangkan jika anda tidak menambahkan kolam ikan koi yang menambah unsur natural di area rumah anda. Ikan koi dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi kolam karena selain memberikan efek rileks dan nyaman, ikan koi memiliki variasi warna yang berbeda-beda. Apalagi jika ikan koi yang ada di sekitar kolam rumah anda sangat lincah, tentu anda pun tidak akan bosan menghabiskan waktu untuk memandang tingkah mereka yang benar-benar memukau.


Ikan koi akan begitu indah dengan didukung oleh kolam tempat hidupnya yang asri dan serasi. Kolam ikan koi harus didesain sedemikian rupa agar membuat suasana menjadi harmonis. Tentu saja, hal tersebut berdasarkan selera dan juga rasa seni pada setiap penghuni rumah. Kolam dapat dibuat dengan gaya minimalis atau tradisional. Semua kembali pada selera. Namun, ada beberapa syarat yang harus tetap dipegang untuk membuat kolam ikan koi tetap memikat. Berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan:

1.       Kejernihan kolam ikan koi harus dijaga.
Untuk pemilik ikan koi, kejernihan kolam adalah hal utama yang menjaga ikan koi untuk tetap sehat, berwarna tajam dan lincah bergerak. Namun, bukan berarti memiliki ikan koi membutuhkan perawatan yang ribet. Anda tidak perlu menguras kolam ikan koi setiap hari atau sesering mungkin untuk menjaga kejernihannya. Air kolam ikan koii yang jernih akan membuat ikan tetap terlihat jelas dan sehat dengan cara sederhana yakni memasang filter pada aliran silkulasi air sebelum menambahkan pompa penghisap. Filter air akan sangat berguna untuk menjaga kejernihannya. Agar dapat menyaring kotoran secara maksimal, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan membersihkan filter secara rutin.

2.       Buat Sirkulasi air kolam ikan koi yang baik
Ikan koi dapat hidup sehat di aliran sungai yang deras. Nah, sangat penting sekali untuk anda membuat kondisi yang sama di sekitar air kolam ikan tersebut. Sirkulasi air haruslah baik. Jika sirkulasi tidak berjalan dengan baik, maka ikan koi tidak dapat hidup sehat atau bahkan bisa mati. Sirkulasi air yang baik juga dapat membantu ikan koi untuk mendapatkan kadar oksigen yang cukup dalam air.

3.       Kolam ikan koi tidak boleh terkena sinar matahari penuh.
Untuk menjaga ketajaman warna ikan koi, yang harus anda lakukan adalah mengatur sinar matahari yang jatuh pada kolam. Sinar matahari yang cukup sangat dibutuhkan oleh ikan koi, tetapi jika sinar matahari penuh masuk pada kolam, maka secara langsung dapat meningkatkan suhu air. Dengan demikian, ikan koi malah mudah lemas. Maka dari itu, saat merawat ikan koi, pastikan jika kolam ikan diberikan sedikit peneduh guna mengurangi sinar matahari yang masuk. Anda dapat memanfaatkan pohon peneduh atau dengan meletakkan gazebo atau tanaman lainnya yang akan mempercantik area kolam ikan koi anda.

4.       Hitam adalah warna dasar kolam.
Gunakan warna hitam sebagai warna dasar kolam. Karena ikan koi memiliki warna yang cerah dan beragam, tentu warna hitam sebagai warna dasar kolam akan memberikan warna kontras yang dapat membuat ikan koi tampak jelas, berwarna tajam dan lebih indah.

Nah, itulah informasi tentang cara merawat Kolam Ikan Koi Agar Terlihat Indah yang paling penting.

Dibaca Sebanyak...