Tips dan Panduan Dalam Memperbaiki Pola Makan


1. Anda harus menhetahui mengenai konsep sarapan yang baik kan? Awali lah sarapan pagi anda dengan program kami. Anda akan merasa lebih kenyang, dan enerjik. 

2. Kurangi karbohidrat yang buruk seperti roti, nasi, mie, ken­tang, pasta. Anda bisa perbanyak dengan karbohidrat yang baik yang biasanya terdapat dalam buah dan sayur-sayuran. Kurangi juga racun putih antara lain gula, garam yang biasanya banyak terdapat dalam makanan cepat saji dan cemilan

4. Minum air putih yang cukup. 

Tips dan Panduan Dalam Memperbaiki Pola Makan
google image
3. Konsumsi protein yang cukup. Protein akan membuat anda ke­nyang lebih lama.  putih yang normal adalah 8 gelas per hari. Jika anda kelebihan 1 kg berat badan, anda perlu menambahkan 1 gelas ekstra !. Berapa kg kelebi­han berat badan anda? 

Tentunya untuk merubah pola makan anda perlu perjuan­gan. Jika anda melakukan panduan di atas selama minimum 90 hari, tanpa anda sadari, anda akan memiliki pola atau habit yang baru. Dan pola yang baru ini akan lebih mudah anda pertahankan karena sudah menjadi kebiasaan anda (sama halnya dengan anda sikat gigi tiap hari). 

Mari kita lanjutkan…Disini anda : 
• Tidak memerlukan cara yang RUMIT untuk mendapatkan be­rat badan dan bentuk tubuh yang anda impikan. 
• Tidak memerlukan obat ataupun cara-cara bodoh lainnya sepeti sedot lemak, suntik, obat dan operasi. 
• Tidak memerlukan banyak tenaga dan pikiran. 
Caranya sangat MUDAH, anda harus mengetahui apa Kesalahan Mendasar anda dan Bagaimana Solusinya. 
1. Kesalahan mendasar anda adalah oleh diri anda sendiri se­hingga terjerat dan terjebak dalam pola kebiasaan (Habit) anda yang buruk dan sangat sulit untuk diubah. 
2. Kesalahan berikutnya adalah POLA SARAPAN yang SALAH yang telah anda lakukan secara berulang terus menerus setiap hari. 
Lalu,…Bagaimana SOLUSINYA? 
Solusinya sangat sederhana yaitu dengan memperbaiki habit, dimulai dari pagi hari, dengan pilihan sarapan pagi yang te­pat. 
Cobalah untuk 10 hari pertama - gunakan untuk sarapan pagi, dan di hari ke 11 kita bisa memulai program untuk Weight Management.

Why Breakfast? Kenapa SARAPAN? 
TAHUKAH ANDA? 
Setelah Anda tidur selama 6-10 jam tanpa terisi makanan, maka energi tubuh anda akan berada dalam level terendah. Dalam kondisi ini, tubuh dan otak anda memerlukan bahan bakar. Selain itu, ketika tidur, tubuh anda telah mengeluarkan lebih dari 1 liter air melalui pernafasan, keringat dan di pagi hari kita pipis di toilet. 
Jadi, tubuh anda di pagi hari - bangun dengan keadaan ‘KOSONG’ dan di waktu yang sama ada 100 trilyun sel di tubuh anda yang bilang begini :”Hey.... kembalikan nutrisi, energi dan air yang sudah kita pakai selama 24 jam terakhir ini !” 

Apa yang anda pilih untuk sarapan di pagi hari, menentukan mood anda, performa fisik dan mental, berat badan dan kesehatan Anda untuk jangka waktu yang lama. 

Ingat - seluruh tubuh kita bangun di pagi hari dengan ke­adaan ‘kosong’ dengan level gula darah yang normal. Apa yang kita makan di pagi hari, menentukan level gula darah kita sepanjang hari. Mengapa ? Karena tubuh kita diatur oleh pankreas, dimana salah satu fungsinya untuk mengatur tekanan gula darah melalui insulin dan juga untuk mengontrol rasa lapar dan kenyang. 
Breakfast is the most important meal of the day. Bahkan lebih penting daripada makan siang dan makan malam yang no­tabene lebih lengkap menunya dan lebih besar porsinya. Sara­pan menunjang asupan nutrisi bagi tubuh untuk aktivitas sehari penuh. lisme tubuh untuk bekerja dengan baik sepanjang hari. Hasilnya, tubuh akan berenergi. 

Orang yang meluangkan waktu untuk sarapan bisa dipas­tikan dapat berkonsentrasi dengan baik, lebih produktif, dan tidak mudah lemas karena kehabisan energi. Melewatkan sarapan akan mempengaruhi kinerja tubuh Anda hari itu. Karena itu, tidak se­harusnya Anda melewatkan sarapan. Atur waktu dengan seksama agar Anda dapat meluangkan waktu untuk makan sesuatu di pagi hari. Kalau perlu, pasang weker Anda dan bangun lebih pagi. 

Mengapa sarapan berguna untuk Anda? Ini sebab-sebabnya: 
1. Menjaga kesehatan dan membuat Anda tetap langsing 
Orang yang tidak pernah melewatkan sarapan memiliki ke­cenderungan tidak kelebihan berat badan, dibanding orang yang suka melewatkannya. Bagi yang sedang melakukan diet, sarapan justru menjadi hal yang paling penting. Hal ini disebabkan karena orang yang sarapan lebih mampu mengendalikan nafsu makan mereka sepanjang hari itu. Kenyang karena sarapan akan mence­gah Anda mengemil, dan juga dapat mencegah Anda makan se­cara berlebihan saat waktu makan berikutnya. 

2. Konsentrasi meningkat, dan gak lemah otak (lemot) 
Dengan sarapan pagi, memori dan konsentrasi semakin meningkat. Mood anda akan jauh lebih baik, tidak mudah marah-marah atau cepat tersinggung.Justru dengan makan pagi, kita sudah membantu metabo­lisme tubuh untuk bekerja dengan baik sepanjang hari. Hasilnya, tubuh akan berenergi. 
Orang yang meluangkan waktu untuk sarapan bisa dipas­tikan dapat berkonsentrasi dengan baik, lebih produktif, dan tidak mudah lemas karena kehabisan energi. Melewatkan sarapan akan mempengaruhi kinerja tubuh Anda hari itu. Karena itu, tidak se­harusnya Anda melewatkan sarapan. Atur waktu dengan seksama agar Anda dapat meluangkan waktu untuk makan sesuatu di pagi hari. Kalau perlu, pasang weker Anda dan bangun lebih pagi. 


Bersambung....................

Dibaca Sebanyak...