Cara Mengatasi HARDISK Berbunyi "Krik...Krik..."


KABAR TEKNOLOGI-Ketika computer kamu baru dinyalakan atau sedang beroperasi tiba-tiba terdengar bunyi seperti "krik...krik...krick...krick...tek...trek" (atau apalah itu bunyinya) seketika serta acara mogok berlangsung(serupa Not Responding). Seandainya tanda-tandanya begitu sehingga bisa didiagnosis bahwa berlangsung kerusakan kepada HARDISK (Hard Disk/Drive).
Kerusakan seperti itu tidak jarang dinamakan yang merupakan Bad Sector. Bad Sector yaitu sebuah keadaan di mana HARDISK tak dapat bekerja dengan cara normal, disebabkan oleh piringan magnetik yg melemah, guncangan, kerusakan software, & daya listrik yg tak stabil.
Bad Sector hanyalah kerusakan tingkat ringan tapi jikalau berlangsung tetap menerus tidak dengan ada penanganan sehingga katakan selamat tinggal kepada data-data di HARDISK sobat. Tapi jikalau sobat telah mempartisi HARDISK semisal C / D / E & selanjutnya sehingga kerusakan cuma bakal tersebar terhadap partisi tertentu saja, tak hingga ke partisi lain. Berdasarkan pengalaman aku, berikut ini ada sekian banyak trick yg bakal dilakukan buat mengatasi HARDISK yg berbunyi.


Trik Mengatasi HARDISK Berbunyi  Krik... krik..krik...

Matikan dulu dan nyalakan kembali
Disaat sedang beroperasi tetapi tiba-tiba berbunyi & acara jadi Not Responding sehingga sesegeralah mematikan pc sobat. Paksa matikan dari tombol power? Ya memang lah itu jalan singkatnya : v . Cabut sumber daya listrik ke computer seterusnya diamkan tatkala sekitar 3-6 jam selanjutnya nyalakan kembali. Tetap belum bekerja? Ikuti metode lain di bawah ini!

Cabut kabel PSU ke HARDISK dulu pasang kembali
Metode ini dilakukan saat computer dalam kondisi mati. Cabut kabel yg menghubungkan PSU ke HARDISK, tunggu sekian banyak detik setelah itu pasang kembali & mencoba nyalakan pc sobat. Rata Rata metode ini lumayan ampuh, tetapi seandainya belum bekerja, jalankan metode di bawah ini!

tips Cara Mengatasi HARDISK Berbunyi krek krik 
Ketok Magic
Sebenarnya kiat ini not recommended lantaran bisa saja berhasilnya lumayan kecil. Matikan computer setelah itu ketuk bidang tengah HARDISK bersama tangan. Jangan Sampai terlampaui keras & jangan sampai terlampaui lemah. Seterusnya nyalakan kembali. Mengetok HARDISK (jikalau beruntung) bakal memperbaiki posisi jarum supaya tak berbunyi lagi. Tetap belum mampu? Next!

Mencoba mengganti PSU
Asupan daya yg tak stabil bakal mempengaruhi perputaran piringan HARDISK. Terlebih apabila PSU sobat telah tak kuat memasok daya & umurnya telah terlampaui lanjut usia. Lumayan pinjem PSU sohib buat ditest di computer sobat. Bila nyata-nyatanya sukses, akan kita simpulkan bahwa berjalan kerusakan terhadap PSU maka daya yg di terima HARDISK tak stabil. Belum mampu? Langkah terakhir yakni...

Bawa ke ruangan service
Seandainya HARDISK sobat telah tak tertolong lagi sehingga segeralah bawa ke area service (terpercaya) buat diperbaiki. Tapi jikalau kerusakannya telah pass parah, mintalah utk menyelamatkan data-data mutlak terhadap HARDISK.
Kerusakan pada HARDISK condong disebabkan lantaran kerusakan PSU & file yg berantakan. Ada baiknya sobat memakai PSU berkwalitas baik (pure) & melaksanakan defragment HARDISK dengan cara berkala guna mengurangi bisa jadi kerusakan HARDISK. Saksikan pun usia HARDISK, seandainya telah lebih dari 5 thn sehingga telah saatnya was-was buat mengantisipasi terjadinya Bad Sector.

Selamat mencoba semoga berhasil, jika bermanfaat silahkan share artikel ini....!

Dibaca Sebanyak...