Cara Mudah Membasmi Hama Tanaman Secara Alami

Cara Mudah Membasmi Hama Tanaman Secara Alami Dengan Menggunakan Actino

Cara Mudah MembasmiHama Tanaman Secara Alami – Faktor utama yang dapat menyebabkan gagal panen, produksi tanaman menurun, tanaman cepat mati dan rusaknya tanaman adalah hama. Tanaman dapat mudah mati karena tumbuh dan kembangnya terhambat saat hama menyerang setiap bagian mulai dari daun, batang atau buahnya. Dengan proses pertumbuhan yang tidak sempurna, maka tidak heran jika hama menjadi musuh bagi para petani. Selain itu, ada banyak hama yang menjadi ancaman.

Cara Mudah Membasmi Hama Tanaman Secara AlamiMisalnya saja dalam tanaman padi yang dipanen 2 hingga 3 kali dalam setahun, perawatannya pun cukup ketat. Tujuannya adalah agar tanaman memiliki pertumbuhan yang maksimal dan optimal, salah satunya adalah dalam mencegah dan menangani hama. Pada banyak tanaman, hama yang kerap menjadi ancaman adalah tikus, burung, ulat, wereng, walang sangit dan serangga lainnya.

Dengan jumlah hama yang tidak sedikit, tentu saja dibutuhkan perawatan yang jauh lebih banyak supaya tanaman tidak memiliki penyakit serius yang membuatnya layu dan mati. Untuk menangani masalah hama, berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan.


Pertama, perihal hama tikus. Hamatikus akan merusak tanaman, memakan buah atau bahkan menggerogoti bagian lainnya. Untuk penanganannya adalah dengan mencari sarang, membongkar atau bahkan menangkapnya. Jika diperlukan, anda juga dapat menaburkan racun tikus di sekitar sarangnya. Atau anda juga bisa membuat boneka yang dibuat sedemikian rupa agar mirip seperti manusia dan letakkan di sawah di beberapa titik. Juga sebarkan pestisida secara merata.

Memang tidak mudah untuk melakukan beberapa cara di atas. Anda pun harus bekerja keras agar tanaman tidak gagal panen dengan memeriksa lokasi lahan dari pagi bahkan hingga sore. Apalagi jika upaya tersebut tidak berhasil. Hari ini boleh jadi tidak ada tanaman yang rusak, namun para hama perusak tanaman juga dapat beraksi di esoknya. Selain membuat tidur tidak nyenyak, waktu dan tenaga pun cukup tersita.

Oleh sebab itu, anda juga dapat mencoba upaya yang selanjutnya, yakni dengan tujuan membasmi ragam hama yang ada. Misalnya, anda bisa saja mengajak seluruh petani di lingkungan anda untuk berdiskusi dan melakukan pembasmian hama secara serempak karena sawah-sawah yang berdempetan dan berbatas satu garis kecil. Atau, anda juga bisa melakukan kinerja bersama. Contohnya, dengan mencanangkan program besar untuk semua sawah yang ada pada satu area. Tujuannya adalah untuk membasmi dengan cara yang sama dan dilakukan secara serempak di waktu yang sama agar semua hama bisa diatasi secara bersama-sama. Sehingga, dalam satu area tersebut tidak kembali diserang oleh hama lagi karena seluruh hama di sekitar area tersebut sudah punah. Hal ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Akan percuma jika anda melakukan pembasmian hama, dan esoknya mendapatkan serangan hama yang bersarang di petak sawah tetangga.

Sebagai pendukung membasmi hama, anda juga bisa menggunakan pestisida. Lengkapi dengan pupuk organik cair yang perannya dapat mencegah serangan hama dan penyakit. Misalnya saja dengan menggunakan pupuk Actino. Pupuk ini memiliki keunggulan sebagai penggembur tanah. Caranya adalah dengan mendukung cacing tanah dan hewan lainnya yang dapat menyuburkan tanah di area lahan anda untuk berkembang baik. Actino juga memiliki kandungan unsur hara makro dan makro yang lengkap. Selain itu, kandungan N, P, dan K serta hormon tumbuh juga tersedia sehingga dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama atau penyakit.

Itulah informasi tentang CaraMudah Membasmi Hama Tanaman Secara Alami dengan menggunakan Actino.


Artikel lainnya:

Dibaca Sebanyak...