3 Cara Merawat Ikan Koi Agar Warnanya Tajam

Cara Merawat Ikan Koi Agar Warnanya Tajam – Hal pertama yang terlintas di benak anda saat mendengar ikan koi, sudah pasti adalah warnanya yang menarik. Selain itu, ikan yang cantik ini juga bervariasi dengan kombinasi warna mulai dari hitam, putih, silver, merah dan warna yang lainnya yang membuat ikan ini cocok sebagai ikan hias. Ikan koi memang sangat enak di pandang mata, apalagi jika gerakannya lincah serta warnanya yang tajam. Nah, bagaimana jika ikan koi yang ada di rumah anda memiliki warna yang mulai pudar? Tentu hal tersebut terjadi sebab perawatan yang tidak benar. Untuk menjaga ketajaman warna ikan koi anda, berikut tiga caramerawat ikan koi agar warnanya tajam.

Pertama, perhatikan kondisi air kolamnya.
Faktor utama yang mempengaruhi kesehatan semua ikan termasuk ikan koi adalah kondisi air kolam. Ikan koi akan senang tinggal di kolam dengan air yang terus mengalir sehingga kadar oksigen dalam kolam pun cukup baik. Guna menambah oksigen dan membuat aliran air yang bersirkulasi yang bagus, anda dapat menggunakan pompa air dan dibuat pancuran. Perlu diperhatikan jika suhu air harus sekitar 24 hingga 26 derajat celcius sedangkan PH airnya adalah antara 7,2 hingga 7,4.
Kedua, pencahayaan matahari juga dapat mempengaruhi ketajaman warna ikan koi. Dengan cahaya matahari yang cukup, maka ketajaman ikan koi dapat dihasilkan dengan baik. Berbeda jika kondisi cahaya yang terlalu terik. Sebab cahaya yang terlalu terik dapat meingkatkan suhu dalam air sehingga dalam kondisi demikian, warna ikan koi pun menjadi pudar. Untuk itu, pastikan kolam ikan koi tidak terkena cahaya yang terlalu terik. Buatlah peneduh yang dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk pada kolam.

cara budidaya ikan koi
google image
Terakhir yang perlu anda ketahui untuk merawat ikan koi agar memiliki warna yang tajam adalah dengan memperhatikan jenis pakan. Pakan tidak hanya mempengaruhi kesehatan serta pertumbuhan ikan, namun juga sangat mempengaruhi warna ikan koi. Wheat germ dapat menjadi pilihan anda sebagai pakan yang dapat memacu pertumbuhan ikan koi sehingga ikan yang anda rawat memiliki tubuh yang ideal yakni dengan bentuk tubuh yang gemuk dan memanjang. Jenis pakan ini dibuat dari bahan yang memiliki kandungan protein yang tinggi seperti misalnya tepung ikan, bungkil kacang kedelai, gandum serta tepung udang.

Dalam jenis pakan ini, terdapat kandungan protein hingga mencapai 32%. Dengan memilih wheat germ, anda juga dapat memberikan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan ikan koi seperti misalnya vitain A, D, E, K, B2, B6 dan B12. Selain itu, ada juga vitamin C, niasin dan unsur mineral seperti halnya choline chloride, kalsium, trace mineral, antioksidan dan juga panthetonate.

Maka dari itu, jika anda ingin merawat ikan koi agar warnanya tampak indah memikat dan menyegarkan mata, tiga faktor di atas harus benar-benar diperhatikan. Tentu saja, ikan koi yang memiliki ketajaman warna yang bagus, itu artinya ikan tersebut memiliki kondisi yang sehat. Sebab, dapat dikatakan bahwa kondisi air di kolam ikan cukup bagus untuk mendukung perkembangannya, ikan juga tidak terpapar cahaya serta ikan memiliki pakan yang cukup sehat.


Nah, bagaimana? Sekarang anda sudah memahami bagaimana membuat ikan koi memiliki warna yang bagus dengan membaca Cara Merawat Ikan Koi Agar Warnanya Tajam.

Dibaca Sebanyak...