Rahasia Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

SEBAGIAN BESAR CARA DIET TIDAK BERHASIL  DAN HASILNYA TIDAK PERMANEN

Apakah anda pernah berfikir mengapa anda sulit menu­runkan berat badan dan kalaupun bisa turun hasilnya tidak per­manen? 
OK, sekarang anda bisa melihat di pasaran dengan banyak sekali produk yang menawarkan program langsing dan penurunan berat badan dari yang terdengar menakjubkan sampai yang menawar­kan hasil yang INSTAN. 
Saya akan katakan satu Rahasia: 

“Tidak Ada Penurunan 
Berat Badan yang INSTAN.” 

Menurunkan berat badan memerlukan suatu proses, dan proses tersebut menuntut ketekunan dan motivasi besar dari diri anda. Nah, sekarang mengapa cara-cara yang umum dilakukan orang tidak berhasil? 
Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, badan kita me­merlukan nutrisi yang terbaik dan sempurna untuk menjalankan aktifitas kita sehari-hari. Dan sebagian besar penurunan berat badan berhubungan dengan TIDAK makan atau MENAHAN nafsu makan dan bahkan dengan cara-cara radikal dimana nafsu makan kit ditekan yang membuat kita merasa TIDAK INGIN MAKAN.

MENAHAN lapar atau Menekan Nafsu Makan adalah CARA TERBURUK dalam sejarah penurunan berat badan. Menga­pa..????? 
Pada saat anda mulai kelebihan berat badan (overweight), anda akan memiliki kecenderungan untuk menurunkan dengan melakukan DIET dengan cara anda sendiri. Salah satunya dengan mengurangi makan dan otomatis anda mengurangi asupan NU­TRISI ke tubuh anda sehingga tubuh akan mengalami kurang nu­trisi (DEFISIENSI). 

Jika diteruskan anda akan mengalami KELAPARAN Mikro dan Makro yang biasanya diikuti rasa cepat lelah atau lesu. Dan jika keadaan ini terus berlanjut, tubuh anda akan menyerah atau BREAK DOWN, contoh umum adalah bermasalah dengan pencer­naan seperti Maag. 
Kecenderungan badan anda saat telah berhenti ber-DIET dengan kurangnya asupan nutrisi adalah menjadi ‘RAKUS’ dan akan makan lebih banyak dari sebelumnya atau disebut OVER-EAT. Dan mudah ditebak jika anda OVER-EAT, anda akan kembali OVER WEIGHT. 

Proses ini berkelanjutan hingga bertahun-tahun karena orang biasanya akan berpindah dari cara diet satu ke diet yang lain, jadi seperti lingkaran yang tidak ada jalan keluarnya. Akibat­nya badan anda akan seperti “Yo-Yo”, Naik-turun, naik-turun dan seterusnya.


Rahasia #1 : Nutrisi Seimbang 
Apa itu nutrisi? secara konsep nutrisi berbeda dengan makanan. Makanan adalah segala sesuatu yang kita makan. Nu­trisi adalah apa yang terkandung dalam makanan tersebut. Secara simpelnya anda harus mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai nutrisi yang seimbang. 
Rahasia Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Anda memerlukan nutrisi yang memenuhi semua kebu­tuhan badan anda, tapi dengan nilai kalori yang rendah. Saat ini dengan pola kehidupan yang serba cepat, orang memiliki kecend­erungan untuk memilih makanan yang cepat saji, yang sebetulnya memiliki nilai nutrisi yang sangat buruk dengan jumlah kalori yang berlebihan. Atau dikenal juga dengan kalori kosong. 

Secara logika orang akan berpikir, untuk mengkonsumsi kalori lebih sedikit artinya kita perlu makan lebih sedikit. Dan kita akan mulai ber”diet” ala sendiri. Problem utama dari diet yang mengurangi makan adalah pada saat yang bersamaan dengan berkurangnya konsumsi makanan anda, anda juga mengurangi ni­lai nutrisi yang masuk ke dalam diri anda. 
Saat anda mengurangi nutrisi yang masuk ke badan anda, badan anda akan mengalami defisiensi nutrisi. Keadaan ini justru memperlambat metabolisme anda. Jika kondisi ini terus berlanjut, anda akan merasa cepat lelah atau lesu, dan mudah mengalami stress. Dan jika terus berlanjut lagi, badan anda akan mengalami  break-down. Biasanya anda akan mengalami masalah dengan ke­sehatan anda. Bisa dalam bentuk gangguan pencernaan seperti maag, dsb. 

Saat anda bermasalah dengan kesehatan, anda akan cen­derung kembali untuk makan normal. Kecenderungannya adalah anda biasanya akan makan dengan porsi makan yang lebih besar dibanding sebelum berdiet (dikenal dengan “balas dendam”). Hasilnya anda akan kembali gemuk. Ini adalah penyebab mengapa banyak dari orang yang mengalami diet YO-YO. Turun tapi kemu­dian naik lagi. Dan saat anda menggemuk kembali anda akan ber-diet lagi. Proses ini terus berlanjut seperti lingkaran yang tidak per­nah berakhir. 
Ber-diet dengan cara tidak makan atau puasa adalah cara yang terburuk dalam sejarah penurunan berat badan. 

So, bagaimana anda dapat menemukan makanan dengan kalori yang rendah tapi penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan badan anda? 
Almost Impossible! Salah satu solusi adalah dengan meng­gunakan suplementasi. 

Rahasia #2: Gaya Hidup Aktif 
Sebagian besar orang akan mengatakan, “Apakah saya benar-benar harus olahraga? Saya tidak punya waktu!” 
Fair question my friend. Kalau diminta untuk berolahraga, orang akan memberikan banyak alasan. Mulai dari rasa malas, si­buk, atau pura-pura sibuk. Tapi tahukah anda kalau ada 168 jam dalam 1 minggu? Apakah anda tidak bisa menemukan 1 jam per hari atau 6 jam seminggu untuk berolahraga? Surely you can! 
Seperti kata pepatah “if you don’t make time for exercise, eventu­ally you have to make time for illness!”. Healthy
Jika anda tidak meluangkan waktu untuk berolahraga, suatu saat nanti anda perlu meluangkan waktu anda untuk sakit. Olahraga seperti apa yang baik? Terserah anda. Lakukan apa yang anda sukai. 

Gaya Hidup Aktif berbeda dengan Olahraga lho... 
OK, ini adalah kabar baiknya. Terutama untuk anda yang super malas untuk berolahraga. Badan Kesehatan Sedunia atau WHO menyarankan setiap orang untuk memiliki gaya hidup aktif. Secara simpelnya, Anda harus banyak bergerak. Banyak aktifitas yang anda bisa lakukan, contohnya lebih baik naik tangga diband­ing lift atau eskalator, jalan-jalan ke mall, bermain petak umpet dengan anak anda, parkir mobil anda lebih jauh dari pintu masuk, cuci mobil anda sendiri, dan banyak hal yang lain lagi. Gunakan kreatifitas anda. 
Kuncinya adalah kurangi aktifitas yang membuat anda kurang bergerak seperti nonton TV. (kecuali anda nonton Tv sambil treadmill). Tapi tetap saja, anda memerlukan nutrisi yang seim­bang. Anda justru makin membutuhkan nutrisi yang optimal saat berolahraga. 

Rahasia #3: Perbaiki pola makan anda 
Memperbaiki pola makan adalah salah satu rahasia terbe­sar untuk mengontrol berat badan anda secara permanen. Banyak orang mencoba untuk menurunkan berat badan dengan cara sep­erti akupunktur, sedot lemak, diet, olahraga berat, dsb, tapi mer­eka tidak merubah kebiasaan buruk mereka. 

Nah, sekarang bayangkan jika anda telah turun berat badan dengan cara apapun itu, tapi anda tetap dengan kebiasaan  lama anda seperti ngemil, makan terlalu banyak gorengan, mi­num soda, makan makanan yang mengandung lemak tinggi, dsb, pastinya berat badan anda akan naik lagi kan? Sebagian yang tidak mengerti akan hal ini akan menyalahkan program penurunan be­rat badan yang dijalankannya. Mereka mengatakan kalau percuma nyoba turun berat badan pakai cara ini dan itu, tapi hasilnya ya naik lagi. Padahal penyebab naik lagi ya diri kita sendiri. 


Dibaca Sebanyak...