Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mudah Merawat Pintu Mobil

Tips Mudah Merawat Pintu MobilPintu mobil adalah bagian kendaraan benar-benar penting untuk dirawat, jadi menjamin keamanan & keenjoyan ketika berkendaraan. Pintu mobil tak jarang luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan dapat berdampak fatal.

Akibatnya
Umpama, bila rel kaca telah getas jadi air dapat masuk ke lubang pintu mobil anda dan membikin mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Jadi saat naik turunnya kaca bakal terasa berat dan wajib dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, dan pemutar kaca dapat ngadat seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu bakal susah dibuka.

Hal Yang Harus Diperbuat
Trik perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
1.  Sediakan peralatan yang dibutuhkan semacam obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.

2.  Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.

3.  Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'kekuatan window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu hingga kering. Alias bersihkan dengan air sabun dan seusai kering bersihkan dengan lap.

4.  Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang memakainya kekuatan window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.

5.  Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
PROMO SOFTWARE AKUNTANSI
6.  Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang tahap bawah. Seusai itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.

7.  Perhatikan bukaan pintu luar, cek memangnya terasa ada pergeseran jika dimanfaatkan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Ketika penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.


8.  Periksa tangkai logam pengunci pintu. Khususnya tahap bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat alias kotor dan semprotkan pelumas.

9.  Jika sudah beres pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

Sekian, semoga Tips Mudah Merawat Pintu Mobil bisa bermanfaat bagi anda.