Tips dan Cara Merawat Sepeda Motor agar Mesin Selalu Prima dan Awet
Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi
saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan kemacetan
hampir di semua kota Pulau Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan
transportasi yang mobile, se
lain harganya yang relatif murah daripada mobil.
Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor
juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan
di Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun
terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan
kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka
meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang
lebih tinggi terhindarkan. Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya
sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan.
google image |
Tips pertama: Jika membeli sepeda
motor baru. Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai
500 KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan
logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor
pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar
mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang di berikan
oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor. Umumnya diberikan gratis
servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan
ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia
mesin untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan
sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500
KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan. Tips:
Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie kedalam lobang
knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah
keropos.
Tips Kedua: Perawatan berkala(tune up). Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa
komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan
yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan
penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang
terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan
sekaligus dibersihkan saat tuneup. Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup,
lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan.
Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti
biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.
Tips Ketiga: Penggantian Olie. Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of
Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi
standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir
mendapatkan standard olie yang salah untuk motor A nda.Yang perlu diperhatikan
adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan
keterangan pada bungkus olie yang Anda beli. Mengganti olie melebihi batas
kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi motor. Olie yang telah
melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilaholi setiap
kilometer menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan
berkala. Tips: Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas
kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor anda selalu prima.
Tips Keempat: Pemakaian motor. Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal
ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston
dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4
langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang
sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian
gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga
lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start
berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini
berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah). Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika
motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin
maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak
olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian
mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena
jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja. Catatan: Memanaskan mesin
jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang
berpendingin udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka
mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik.
Tips Kelima: Kebersihan. Biar
rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat
berkarat dan keropos. Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan. Dengan
melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet
dan tetap prima .Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika
ingin ganti motor yang baru.
Sumber : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e
Sumber : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e