Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami

Tips dan Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami
google image
KETIKA Sari memutuskan tidak memberi warna atau gaya tertentu pada rambutnya lebih disebabkan, pehitungan ekonomis di otaknya. "Taruhlah saya punya uang untuk mewarnai atau meluruskan rambut, tapi setelah itu saya tak memiliki dana untuk merawatnya, apalagi kalau harus rutin," kata Sari berhitung.

Perawatan rambut memang dianjurkan secara kontinyu. Bagi pemilik rambut normal, tindakan creambath dianjurkan seminggu sekali. Untuk perawatan rambut yang sering dioprek, hairspa bisa dilakukan sebulan dua kali. Masing-masing jenis perawatan berbeda tarif, untuk creambath misalnya harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 25.000,00 hingga Rp 40.000,00. Untuk jenis hairspa atau masker bisa dua kali lipat harga di atas. 

Merawat rambut tidak harus di salon-salon kecantikan saja. Jika sedang malas pergi ke salon, entah karena biaya atau malas keluar rumah, kita bisa merawat rambut di rumah sendiri.

Pada dasarnya ramuan-ramuan yang ditawarkan di salon canggih pun berbahan dasar yang ada di sekeliling kita. Berikut bahan-bahan yang bisa dibuat sebagai ramuan perawatan rambut agar cantik dan sehat. 

1. Lidah buaya. Daun ini bisa digunakan sebagai masker bagi rambut kering dan kusam. Rendam lidah buaya dalam air hangat, untuk mengurangi kandungan lendirnya. Blender daun tersebut dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu keramas. 

2. Seledri. Daun yang biasa dipakai sebagai campuran sayur sop ini berfungsi untuk mencegah dan merawat rambut rontok. Gunakan juicer untuk memisahkan daun dengan sarinya. Gunakan hanya sarinya di kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 20 menit, akhiri dengan keramas seperti biasa. 

3. Jeruk nipis. Buah penyegar rasa soto ini berguna sekali untuk menghilangkan ketombe di kepala. Peras dan saring air jeruk nipis, lalu airnya oleskan ke kulit kepala sambil pijat-pijat. Diamkan 20 menit kemudian keramas. 

4. Kulit semangka. Ambil kulit semangka yang berada di antara buah merah dan kulit hijaunya. Jus untuk diambil sarinya. Lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah penggunaan jeruk nipis. 

5. Daun teh. Jenis ini sudah sangat dikenal oleh generasi nenek kita sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut. Ambil teh dan seduhlah menjadi segelas, diamkan/embunkan selama semalam. Pakai air teh tersebut di kepala selama 20 menit. Gunakan daun teh yang besar-besar, sebaiknya jangan gunakan teh celup. 

6. Kemiri. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai muncang. Bakar atau sangrai beberapa butir kemiri lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum menutup ritual dengan keramas. Cara ini akan membuat rambut hitam semakin hitam dan berkilau. 

Bagi mereka yang ingin lebih praktis, di pasaran pun banyak disediakan sampo atau hair tonic yang ditujukan untuk perawatan rambut.

Menurut Dian dari Martha Tilaar, ada sampo perawatan rambut yang berbahan dasar lidah buaya, wortel, merang, dan urang-aring. Semua jenis bahan ini memang dikenal luas sebagai bahan untuk membuat rambut cantik. Pada setiap kemasan sudah terdapat petunjuk tentang produk yang dianjurkan untuk setiap jenis rambut, dari mulai kering, berketombe, atau berminyak hingga rambut rusak. "Yang menjadi favorit masyarakat saat ini masih lidah buaya dan urang-aring, terbukti omzet penjualannya yang masih melebihi produk lainnya," kata Dian.(Uci)***