Apa dan Bagaimana Prosesor Quad Core

Pembahasan saya saat ini tentang prosesor quad core yang sudah mulai diterapkan di Smartphone, di penghujung tahun 2012 sudah banyak beredar dipasaran smartphone yang mengusung quad core diantaranya Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy Note II, HTC One X+ atau LG Optimus VU.


Menurut Nvidia, prosesor quad core meingkatkan kinerja multitasking serta kinerja aplikasi multithread. Nvidia mengatakan prosesor quad core akan membawa sebuah smartphone ke tingkat kinerja yang sebanding dengan computer desktop/PC.

Lalu apa dan bagaimana prosesor quad core itu sendiri? Sejatinya, sebuah prosesor quad core adalah bagian dari perangkat keras yang terdiri dari tiga komponen. Yang pertama adalah inti, dalam hal ini terdiri dari empat inti, keempat inti ini terbungkus dalam sebuah komponen yang terlihat berwarna silver. Kemudian keempatnya dipaketkan ke material berwarna hijau yang berbentuk pin, ini yang dinamakan CPU pada perangkat mobile Anda dan ketika digabungkan membentuk prosesor quad core.

Prosesor quad core adalah chip dengan empat unit independen yang disebut core, yang mana mampu membaca, mengeksekusi instruksi CPU seperti menambahkan data, memindahkan, menghapus atau menggabungkan data. Dalam chip, masing-masing inti ini saling bekerjasama dengan sirkuit lain seperti cache, manajemen memori, dan input/output (I/O) port.
Satu core dalam prosesor quad core dapat menjalankan beberapa instruksi sekaligus, termasuk meningkatkan kecepatan program dalam proses parallel. Vendor biasanya mengintegrasikan core ke sebuah semikoduktor tunggal, atau dalam multiple semikonduktor dalam beberapa pakat IC (Integrated Circuit) tunggal.

Game, tentu saja adalah contoh popular. Quad core mendukung aplikasi multithread, yang berarti sebuah game dapat berjalan dalam beberapa proses sekaligus. Gameplay pada ponsel dapat mendukung proses simultan dan tampil dengan grafis berkualitas.  Dengan prosesor quad core, game atau film 3D akan tampak lebih halus dan hamper tidak Lag atau lemot, tidak hanya game yang benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari prosesor quad core, software imaging juga di untungkan dengan menampilkan beberapa foto jauh lebih cepat.

Itulah beberapa info tentang prosesor quad core yang saat ini sudah merambah ke dunia smartphone, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Dibaca Sebanyak...