Cara Meningkatkan Performa Komputer (Bag 1)

Pernahkah Anda mengalami kendala atau masalah ketika mengoperasikan komputer/laptop? tiba-tiba komputer berhenti / hang atau terasa lambat dan berat ketika menjalankan beberapa software dikomputer anda. Kalau sudah demikian tentunya kerjaan dan aktifitas kita akan terganggu karena komputer yang kita jalankan tidak mau berjalan dengan normal, maka dari itu saya mencoba berbagi pengalaman yang sudah pernah saya dapatkan dan saya alami selama berkecimpung dalam dunia IT.

Sudah menjadi hak paten bagi sebuah komputer atau notebook untuk mendapatkan perawatan untuk mempertahankan kinerja mereka agar tetap stabil. Komputer atau notebook yang berbasis Windows XP atau Windows Vista pada operating sistemnya, jika sudah digunakan selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun, kinerja mereka secara bertahap akan menurun. Proses loading semakin lambat, semakin lama start up, ketika menjalankan aplikasi terasa semakin berat, dan bahkan dapat menyebabkan crash (error). Mengapa hal ini bisa terjadi???

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja komputer Anda, hal ini dapat dilihat dari sisi perangkat keras atau perangkat lunak. Untuk masalah hardware, tentu saja cara terbaik adalah melakukan proses upgrade hardware, misalnya mengganti prosesor lama dengan kecepatan prosesor yang lebih baik, atau bisa menambah RAM (upgrade memori) komputer Anda. Dan hasilnya, tentu saja, dapat meningkatkan kinerja komputer sesuai dengan proses upgrade dilakukan.

Adapun masalah software, atau Windows itu sendiri, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja mereka. 
Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja komputer:
  • Semakin tua umur Windows maka file-file register pada Windows akan semakin banyak dan menumpuk, hal ini akan menyebabkan loading Windows semakin berat dalam membaca file register ada, belum lagi register-register bisa rusak sehingga memperlambat kinerja Windows.
  • Jumlah aplikasi yang terinstal pada Windows juga akan mempengaruhi kinerja windows.Semakin banyak program yang terinstal akan semakin banyak juga beban windows yang emban.
  • Jika kita sering menginstal dan menghapus aplikasi, tentunya di komputer memiliki banyak registry aplikasi yang ditinggalkan, karena setiap aplikasi/program yang di uninstall masih menyisakan register yang tidak terpakai di Windows.
  • File-file di harddisk yang belum dipetakan dengan baik tentu akan mempengaruhi kinerja Windows. Menambah dan menghapus file di Windows, terutama pada drive C akan mempengaruhi ruang operating sistem, dikarenakan OS terrinstal di drive C, jadi usahakan drive C mempunyai ruang yang longgar jangan sampai full Space. 
  • Partisi hard disk (drive) terlalu penuh kapasitasnya. Ruang kosong pada setiap drive yang melebihi ruang maksimum yang diperlukan akan memperlambat proses baca tulis hard drive, dan ini akan mempengaruhi kinerja Windows.
  • Virus yang menyerang komputer Anda. Sebuah komputer atau notebook yang telah terinfeksi oleh virus, dapat menyebabkan Windows menjadi lamban. Karena virus ini menjalankan aksinya di belakang layar dengan menyedot memori dan beban prosesor bertambah besar. Belum lagi efeknya dapat merusak file-file penting Anda dan juga merusak file system Windows, maka sudah bisa dipastikan kinerja komputer akan turun.

Poin di atas adalah penyebab utama mengapa  kinerja komputer notebook menjadi lambat. Meskipun kadang-kadang proses upgrade hardware telah dilakukan, tetapi komputer masih lambat. Di sini saya hanya menjelaskan peningkatan kinerja sisi perangkat lunak Windows. Tindakan tersebut dapat meningkatkan kinerja Windows yang sebelumnya tampak lambat menjadi lebih baik lagi. Meskipun ada cara praktis yang dapat meningkatkan performa secara dramatis, yaitu dengan menginstal ulang Windows Anda. Tapi itu bukan cara terbaik, karena Anda harus menginstal ulang semua  aplikasi yang Anda butuhkan, dan tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berikut adalah cara untuk mengoptimalkan kinerja Windows komputer.

A. Bersihkan Registry File

Windows Registry yang telah menumpuk dan beberapa register-register yang rusak dapat dibersihkan dengan bantuan aplikasi seperti Tweak XP atau Tune Up Utilities. Kebetulan saya menggunakan Tune Up Utilities Software untuk menjaga kebersihan registry yang rusak. Software ini dapat di-download di sini, atau cari di gugel. Perlu diketahui bahwa Aplikasi ini tidak hanya dapat membersihkan register-register yang rusak, tetapi juga dapat melakukan defragment harddisk.

Bersambung ke part 2............



Artikel ini disusun oleh: Quwaesy Computer Center | Admin blog ini.

Dibaca Sebanyak...