Inilah Khasiat dan Manfaat Biji Kurma

Kurma adalah termasuk makanan buahan yang sering kita temui pada saat bulan Ramadan. Kita tentunya sudah tahu bahwa Kurma sangat bagus dimakan ketika berbuka puasa karena kurma mengandung zat gula yang bisa diubah oleh tubuh menjadi energi dengan cepat. Perlu diketahui ternyata bukan hanya daging buah kurma saja yang bermanfaat untuk tubuh kita, biji kurmapun dapat dimanfaatkan sebagai minuman yang mirip kopi. Caranya lumayan gampang, ambillah biji kurama kemudian cuci biji kurma dan keringkan selanjutnya jemur sampai kering. Proses selanjutnya sangrai biji kurma sampai hitam, kemudian tumbuk sampai halus seperti bubuk kopi pada umumnya, dari proses tersebut maka bubuk dari biji kurma tadi sudah siap untuk diseduh.

pupuk organik hayati termurahMenurut Yusuf Al-hajj Ahmad dalam buku Islamic Medicine membahas tentang minuman ‘kopi’ dari biji kurma memiliki khasiat tinggi salahsatunya dapat memberikan tenaga bagi siapa yang meminumnya. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu campuran daging, karena biji kurma dapat membuat daging menjadi lembut.
Istilah “Kopi” biji kurma ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk lulur dengan cara mencampurkannya dengan minyak zaitun dan madu. Apa manfaat lainnya?
Manfaat dan Khasiat lain dari biji kurma yang tidak kalah penting adalah sangat manjur untuk mengatasi masalah kebotakan, caranya hanya dengan mencampurkan bubuk biji kurma tersebut dengan minyak zaitun.

Manfaat Manisnya Biji Kurma Bagi Kesehatan
Para pakar peneliti dari University of Scranton telah menyimpulkan dari hasil penelitiannya bahwa kurma dan buah-buah kering lainnya sangatlah kaya akan antioksidan yang bernama polyphenol, serta serat. Bahkan The American Cancer Society telah menyarankan kita untuk mengonsumsi 20-35 gram serat pangan (dietary fiber) dalam setiap harinya. Sebagai info tambahan bahwa serat pangan ada yang larut dan tidak larut. Yang mana serat yang membantu proses penceranaan akan mendorong makanan ke saluran cerna disebut dengan serat yang tidak larut, adapun, serat larut dapat mencegah terjadinya penyakit jantung yaitu dengan menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat.
Selain daripada itu, serat larut juga dapat menurunkan kadar gula darah, yaitu ujungnya  dapat membantu menjaga penyakit diabetes agar tetap terkendali. Ketahuilah bahwa Kurma merupakan asupan energi yang sangat baik, karena disetiap butir kurma mengandungan 31 gram karbohidrat. Ukuran ini juga termasuk 3 gram serat pangan dan 29 gram fruktosa, glukosa dan sukrosa (gula alami yang mudah dibakar tubuh dalam menyediakan energi) dan Nilai plus dari buah kurma adalah dapat memberikan energi tanpa lemak atau kolesterol. Kandungan potasium dalam kurma juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Ingatlah bahwa tubuh kita memerlukan asupan potasium untuk menghindari terjadinya kontraksi otot. Potasium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh berguna untuk melindungi otot jantung dan menjaga kesehatan proses metabolisme tubuh serta memastikan sistem saraf agar tetap berfungsi secara baik.
Lainnya, potasium juga membuat tubuh mampu menghilangkan sodium, yang secara otomatis akan menurunkan tekanan darah. Ketahuilah bahwa tubuh manusia tidak mampu menyimpan potasium secara berlebih, dalam prosessnya akan hilang bersamaan dengan keringat yang keluar dari tubuh kita. Sebagaimana kita ketahui, fungsi hati suatu saat akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia kita. Jadi, meningkatkan asupan potasium menjadi 400 mg sangat penting dalam membantu kita untuk menurunkan risiko stroke hingga 40% dan dalam 100 gram kurma mengandung 667 mg potasium.

Maka dari itu, Jangan sampai buah kurma hanya sebagai ‘hiasan’ bulan Ramadhan saja atau hanya sekedar untuk menu tambahan ketika hari raya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Dibaca Sebanyak...