TIPS UNTUK MENCEGAH SAKIT TELINGA

CARA MENGOBATI SAKIT TELINGA: Pendengaran merupakan salah satu dari kenikmatan yang  dikarunia Allah SWT  kepada manusia, oleh sebab itu janganlah meremehkan kesehatan telinga.
Menurut Dr. M. Indra Sapta, Sp THT dari RS. Muhammadiyah Bandung, ada beberapa gangguan telinga yang sering dialami oleh orang dewasa. Yakni, penyumbatan liang telinga oleh kotoran telinga, pendengaran berkurang karena fungsi pendengaran yang sudah menurun, adanya tumor telinga karena benturan didaerah telinga, serta infeksi telinga.

Sakit telinga karena sumbatan kotoran, dapat menimbulkan rasa nyeri, karena kotoran dapat menekan dinding liang telinga atau bahkan menekan telinga, yang akhirnya mengganggu pendengaran, liang telinga kita secara normal memproduksi kotoran yang memang dibutuhkan telinga sebagai proteksi telinga.

Kotoran telinga ada yang bisa keluar sendiri dan ada yang harus dibersihkan. Kalau cara membersihkannya salah maka kotoran akan terdorong kedalam telinga, keadaan ini akhirnya akan menyumbat telinga, pendengaranpun menjadi terganggu.
Oleh karena itu jangan sampai menunggu sakit telinga menimpa anda, baru panik berobat ke dokter, bukankah lebih efektif mencegah sakit telinga sebelum sakit itu benar-benar datang menimpa anda? Berikut adalah tips mencegah sakit telinga:
  1. Jangan mengorek-ngorek telinga, baik dengan cotton bud maupun benda lainnya, apabila telinga kemasukan benda asing, tidak ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan dirumah, penganan yang salah justru akan berakibat lebih buruk lagi. Segeralah pergi ke dokter spesialis THT.
  2. Kalau merasa pendengaran berkurang, segera pergi kedokter THT untuk dibersihkan, usahakan untuk membersihkan kotoran telinga tiap 3 bulan sekali di dokter spesialis telinga.
  3. Jauhkan cotton bud dari jangkauan anak-anak, karena mereka belum tahu bahanya, kapas dari cotton bud dapat tertinggal didalam telinga, bahkan kalau tidak hati-hati menggunakannya, bisa jadi cotton bud itu menusuk dan merobek selaput gendang telinga.
  4. Biasakan untuk mengunyah makanan dengan benar, karena mengunyah adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari telinga.
  5. Lindungi telinga dari suara yang keras atau bising yang secara terus menerus, bahkan kemunduran pendengaran pada lansia (lanjut usia) banyak tergantung dari polusi suara bunyi yang didengar sepanjang hidupnya. Maksudnya, jikalau sering mendengarkan suara-suara bising/keras, organ pendengaran kitapun akan lebih mudah lemah.
  6. Gunakan telepon selular seperlunya saja, jangan menggunakan headset telepon selular untuk mendengar musik terlalu lama, rangsangan suaranya terlalu kuat untuk telinga, lama kelamaan dalam jangka waktu yang tidak terduga akan mempengaruhi kwalitas pendengaran. Dan ketahuilah bahwa telinga memiliki ambang dengar, yaitu 20-20.000 desibel, suara bising dijalan raya oleh suara kendaraan yang terlalu keras, seperti truk/kendaraan besar atau suara kenalpot yang sangat keras bisa mengganggu organ pendengaran jika itu terjadi secara terus menerus, maka hindarilah suara bising tersebut demi kesehatan telinga anda.
  7. PROMO SOFTWARE AKUNTANSI


Demikian beberapa tips kesehatan untuk mencegah sakit telinga, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sekaligus sebagai cara mengobati sakit telinga.  Silahkan dishare sebagai kepedulian kita terhadap sesama dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita khususnya dalam mencegah dan mengobati sakit telinga.

Dibaca Sebanyak...