Pengertian VGA dan Cara Mengetahui Kapasitas VGA

Pengertian VGA & Fungsi VGA Pc - paling sering para pembeli computer maupun notebook tidak jarang bertanya mengenai fungsi & kegunaan satu buah vga. & seorang orang gammer teramat membutuhkan vga yg amat gede sekali, ingin tau mengapa alasanya. VGA kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yg berfungsi mengolah data graphis buat ditampilkan kepada monitor layar, VGA pula mempunyai prossesor yg di sebut GPU (Graphics Processing Satuan) & membutuhkan memory. 

VGA yakni standar penampilan computer analog yg dijual mula-mula kali oleh IBM terhadap th 1987. Walau standar VGA telah tak lagi dipakai lantaran telah ditukar oleh standar yg lebih baru, VGA masihlah diimplementasikan kepada Pocket Computer. VGA adalah standar grafis terakhir yg diikuti oleh mayoritas pabrik produsen card grafis pc. Penampilan Windows hingga kini masihlah memakai modus VGA lantaran didukung oleh tidak sedikit pembuat layar & card grafis. 

Pengertian VGA dan Cara Mengetahui Kapasitas VGAIstilah VGA serta tidak jarang diperlukan buat mengacu pada resolusi monitor berukuran 640×480, apa serta produsen piranti keras card grafisnya. Card VGA bermanfaat buat menerjemahkan keluaran pc ke layar. Buat proses rancangan grafis atau main permainan video, digunakan card grafis yg berdaya tinggi. Pembuat card grafis yg populer antara lain ATI & NVidia. 

Tidak Cuma itu, VGA bisa pula mengacu terhadap konektor VGA 15-pin yg masihlah dipakai dengan cara luas buat mengantarkan sinyal video analog ke layar. Standar VGA dengan cara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tapi nyata-nyatanya VGA justru digantikan oleh Nomor Satu VGA. 

Fungsi VGA 

Fungsi VGA Kartu atau Graphic card(card grafis) maupun Video Card merupakan berfungsi utk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari pc jadi penampilan grafis terhadap monitor layar. VGA Card  (Video Graphic Adapter) bermanfaat buat menerjemahkan output computer ke layar. Utk menggambar atau rancangan graphic maupun utk main-main game. 

Tipe Kategori VGA 

Kartu VGA ISA merupakan kategori card VGA yg dimasukkan terhadap slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yg masihlah bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit 
Kartu VGA EISA merupakan type card VGA yg dipasang terhadap slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yg yakni 32-bit system I/O 
Kartu VGA PCI ialah tipe kartu VGA yg dipasang kepada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yg yakni 32-bit atau 64-bit system I/O 
Kartu VGA AGP ialah kategori kartu VGA yg ditancapkan kepada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yg ialah 128-bit atau 256-bit system I/O 
Kartu VGA PCI Express (PCIe) ialah tipe kartu VGA yg dimasukkan kepada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yg merupakan berangkaian seri system I/O nya bersama kecepatan transfernya yaitu mencapai sampai 32 GByte/s.

Kartu VGA saat ini ini telah mempergunakan Graphic Accelerator chipset sbg chipset terkini di mana telah mempunyai kekuatan akselerasi tiga dimensi (3D) yg terintegrasikan kepada chipset yg dimilikinya. Tidak Hanya card VGA sekarang ini ada peripheral pc pendukung yg disebut 3D Accelerator yg mana fungsi dari akselerator 3D ini merupakan buat mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D dengan cara lebih sempurna & lebih optimal, demikianlah ilmu wawasan berkaitan Pengertian VGA & Fungsi VGA pc

Video Graphics Array atau disingkat VGA adalah perangkat keras yang berfungsi menampilkan format data visual ke komputer. Kualitas VGA juga menentukan tampilan grafis yang terlihat di monitor. Semakin baik kualitasnya maka akan semakin indah pemandangan yang kita lihat di monitor, begitu juga sebaliknya. Tahukah sobat bahwa salah satu aspek penilaian VGA adalah dari ukuran kapasitas (memory) yang dimiliki?

Lebih spesifik lagi, ukuran VGA akan mempengaruhi resolusi monitor. Jika resolusi monitor sobat terbilang besar, maka kapasitas VGA juga harus besar. Jika tidak, besar kemungkinan gambar yang hasilkan akan pecah. Ini bisa menjadi informasi untuk sobat yang merasa gambar di monitornya agak pecah atau buram, itu bisa disebabkan karena VGA yang kurang memadai.

Ada baiknya sobat mengetahui kapasitas memori VGA yang dimiliki komputer sobat. Pada akhirnya sobat bisa menentukan monitor yang cocok, grafis yang sesuai, dan game-game yang sanggup dijalankan pada VGA komputer sobat. Inilah tutorialnya!


Windows 7 dan 8

Metode 1
1. Klik Start, ketik dxdiag kemudian jalankan programnya

Pengertian dan  Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer

Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer

2. Klik tab Display

Pengertian dan  Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer


3. Pada bagian Approx. Total Memory dapat terlihat ukuran kapasitas VGA sobat

Pengertian dan  Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer


Metode 2
1. Klik Start, buka Control Panel

2. Klik Appearance and Personalizations

Pengertian dan  Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer


3. Klik Adjust screen resolution



4. Klik Advanced settings



5. Total Available Graphics Memory adalah kapasitas VGA komputer sobat

Pengertian dan  Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer


Windows XP

1. Klik kanan pada Desktop kemudian klik Properties

2. Klik tab Settings

3. Klik Advanced

4. Klik tab Adapter

5. Kapasitas VGA terlihat pada Memory Size

Windows Me, 2000, XP, Vista, 7, 8, dan 10

1. Download aplikasi CPU-Z gratis disini

2. Install kemudian jalankan

3. Klik tab Graphics kemudian, perhatikan bagian Memory untuk melihat ukuran VGA


Itulah beberapa cara mengetahui kapasitas VGA Card/Grapic Card. Sekarang terserah sobat mau memilih yang mana. Sekarang apa VGA sobat sudah cukup bagus untuk sekedar menampilkan gambar beresolusi tinggi? Jika belum maka sobat bisa mengganti VGA dengan yang baru dengan kualitas yang lebih tinggi.

Perlu diketahui, bahwa VGA dan RAM (Random Acces Memory) tidak dapat dipisahkan. Ukuran VGA dapat dipengaruhi oleh RAM, berikut ini ilustrasinya:
  1. VGA 256MB + RAM 2GB = VGA 512MB
  1. VGA 512MB + RAM 2GB = VGA 1280MB
  1. VGA 1 GB + RAM 2GB = VGA 1728MB

Kurang lebih seperti itu penjelasannya. Jadi shobat yang ingin membeli VGA baru sebaiknya perhatikan juga ukuran RAM yang dipakai. Semoga bermanfaat.

sumber: cronosal.blogspot.com

Baca Juga: 

  1. Tips dan Cara Mudah Mengatasi Komputer Lag Ketika Main Game
  1. Cara Mengatasi HARDISK Berbunyi "Krik...Krik..."
  1. Tips Mudah Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet
  1. Tips dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected
  1. Sekilas Tentang Cooling Tower Pendingin Prosesor

Dibaca Sebanyak...