Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan SEO?
SEO adalah singkatan
dari Search Engine Optimization dan ini akan membantu Anda apakah situs Anda
masuk ke jajaran atas hasil pencarian atau tidak. Ada beberapa cara untuk
mengukur apakah website Anda ada di urutan atas atau tidak.
Pertama-tama, Anda harus memiliki
pengetahuan dasar dari SEO. Ketika orang-orang mencari di internet, mereka
menggunakan keywords atau frase yang spesifik. Setelah itu, search engine akan
menghasilkan list tentang situs-situs yang berhubungan dengan dengan apa yang
mereka cari.
Jika orang jarang melihat ke halaman
kedua dari search engine, maka Anda harus membuat halaman web, konten, video
dan perangkat marketing yang menarik sehingga situs Anda berada di daftar
teratas pada search engine.
Di bawah ini ada beberapa cara untuk
mengukur keefektifan SEO :
1. Backlinks - Adalah
jumlah link eksternal, atau seberapa banyak website lain yang ngelink ke situs
Anda. Anda dapat menciptakan
backlink dengan menggunakan resource box ketika memasukkan konten ke direktori
artikel, lewat bio box ketika berkunjung ke blog-blog orang dan mengirimkan komen, atau signature di forum yang
berisi link ke web Anda, dan lainnya.
2. Traffic Metrics -
Berapa banyak pengunjung yang baru pertama kali datang bila dibandingkan dengan
mereka yang datang kembali ke situs Anda (repeat visitors)? Tantangannya adalah
bagaimana menarik pengunjung baru sembari mempertahankan orang-orang lama untuk
tetap berinteraksi di situs Anda.
3. Google Analytics –
Merupakan program gratis yang bisa membantu Anda untuk menganalisis kata kunci
mana yang bisa menarik orang untuk datang ke website Anda.
Yang perlu diingat adalah Anda bukan
sekedar mencari pengunjung, melainkan pelanggan yang membeli barang yang Anda
tawarkan. Untuk itu Anda harus menggunakan SEO sebagai alat supaya orang-orang
yang datang ke situs Anda adalah sesuai dengan target market yang Anda incar.
Selamat mencoba! semoga artikel ini bisa bermanfaat.