Tips Merawat Sepeda Motor

Setiap individu pastinya menginginkan kendaraannya selalu dalam kondisi baik, sepeda motor yang baik tentunya yang mesinnya terawat dan nyaman dikendarai. Motor yang terawat dan kondisi mesinnya bagus akan mempunyai nilai jual yang tinggi. 
Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak dimiliki penduduk negeri ini, namun tidak sedikit juga mereka yang kurang perhatian terhadap kondisi mesin sepeda motornya, sadar atau tidak sadar setiap kali pemakaian motor kita mengabaikan keselamatan mesin motor sehingga menyebabkan umur mesin tidak bertahan lama. Dalam artikel saya kali ini akan saya berikan beberapa tips agar mesin sepeda motor kita tetap awet.

Pertama: Servis sepeda motor secara rutin
Catat dan perhatikanlah waktu untuk mengecek kondisi sepeda motor anda, jangan sampai pemakaian berlebih namun mengabaikan perawatan. Untuk perawatan dan servis mesin standarnya setelah pemakaian 1500 KM-2000 KM, tapi itu bukan jadi patokan utama karena, jika anda merasa mesin motor tidak normal dan pemakaian belum sampai 1500-200 km lebih baik anda segera menserviskannya.
Bicara tentang servis motor tentunya akan berhubungan dengan tempat servis alias bengkel motor, saran saya servislah di bengkel-bengkel motor resmi yang sudah disediakan sesuai merek motor anda, mengapa demikian? tentunya di bengkel resmi memiliki tenaga teknisi yang sudah berpengalaman dan bersertifikat khusus.

Kedua: Ganti Oli Mesin Tepat Waktu
Yang kedua ini sering sekali diabaikan pemilik motor, sepertinya hal yang sepele namun jika diremehkan akan berakibat fatal, Oli Mesin jangan sampai kering yang menyebabkan mesin sepeda motor rusak, bahkan dapat mengalami kerusakan fatal menyebabkan sepeda motor anda turun mesin alias ganti mesin, kalau sudah demikian siap-siap aja merogoh gocek anda yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan tergantung jenis kendaraan anda, ratusan ribu kita keluarkan gara-gara kita kurang perhatian dalam penggantian oli mesin yang biayanya hanya puluhan ribu. Maka gantilah Oli mesin sepeda motor anda tepat waktu, untuk standar penggantaian jika sudah mencapai 1500 km dalam pemakain sejak pergantian oli sebelumnya, maka agar tidak lupa dan terhindar dari keteledoran catatlah angka dispedometer kendaraan anda ketika penggantian oli.

Ketiga: Pemanasan Sebelum Pemakaian
Untuk hal ini kita lakukan sebelum kita menggunakan sepeda motor khususnya dipagi hari, dikarenakan mesin motor dalam kondisi lama tidak terpakai, jika motor tidak digunakan lebih dari 3 jam sebaiknya anda melakukan pemanasan mesin sebelum pemakaian. Bagaimana caranya? untuk awal jangan menggunakan elektric starter / hand starter, tapi hidupkan mesin dengan manual atau starter pancal/injak, kenapa demikian? ini berguna untuk keawetan aki speda motor, dan ketika menghidupkan mesin usahakan semua lampu dalam keadaan off/mati.

Keempat: Menggunakan Bahan Bakar Berkwalitas
Bensin atau premium adalah bahan bakar yang digunakan mesin sepeda motor baik motor matic atau bukan matic, maka untuk menjaga keawetan mesin belilah bensin di SPPBU atau POM bensin, dengan demikian kwalitas premium bisa dipertanggungjawabkan dan akan lebih jika anda menggunakan pertamax meski harganya jauh lebih mahal daripada premium.

Kelima: Menggunakan Onderdil Yang Asli
Apapun merek sepeda motor anda belilah onderdil yang asli agar kwalitasnya terjamin, untuk onderdil yang masa pergantiannya cukup cepat adalah rantai dan Aki. Apa maksud dengan onderdil yang asli? yakni onderdil yang sudah direkomendasikan pihak penyedia sepeda motor, sesuaikanlah dengan merek motor anda.

Itulah beberapa tips untuk merawat mesin sepeda motor agar tetap awet dan mempunyai nilai jual tinggi. Semoga bermanfaat, jika ada yang mempunyai tips lain silahkan dishare pada kolom komentar.



Dibaca Sebanyak...