Petunjuk dan Cara Penyimpanan Baterai Laptop

Perawatan Batteray Laptop | Pada artikel sebelumnya sudah saya tulis tentang cara merawat baterai laptop dan beberapa petunjuk keselamatan dalam pemakaian baterai netbook/laptop. Untuk postingan kali ini masih seputar tentang baterai laptop yaitu tentang cara yang benar untuk penyimpanan baterai laptop.

Agar baterai netbook/laptop Anda tetap aman dan terhindar dari kerusakan ikutilah petunjuknya sebagai berikut:

a. Pemakain laptop yang lama menyebabkan panas berlebihan, maka gunakanlah Cooler Pad dan selalu memperhatikan lubang sirkulasi udara laptop, agar panas tidak merembat kebaterai laptop. 

b. Hindari pemakain Adaptor Laptop (Charger) yang tidak sesuai (beda Ampere) meskipun mempercepat pengisian, karena hal ini bisa memperpendek umur baterai. 

c. Hindari full-discharge terlalu sering, hali ini bisa merusak baterai Li-ion. 

d. Selalu menjaga Li-ion baterai pada kondisi kapasitas penuh, dapat memperpendek umurnya, Lihat penjelasan pada subjudul Proses Charge dan Discharge Baterai. 

e. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu sebulan atau lebih, maka lepaslah baterai dari Laptop/netbook Anda agar tidak terjadi kerusakan pada Ic Controller. Simpanlah baterai dengan kondisi charger sampai -/+ 40-60%, masukkan ke wadah plastic bening, simpan ditempat sejuk dan kering. 

Demikian ulasan tentang Petunjuk Penyimpanan dan Perawatan Baterai Laptop, semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam perawatan baterai Laptop/Netbook.

Dibaca Sebanyak...